Jika mendengar kata kata kawasaki , mungkin yang di benak
mungkin kawasaki ninja , kawasaki KLX dan lain-lainnya, kali ini kita akan
membahas produk kawasaki dengan level premium – high. Kawasaki ZX 636 merupakan
pembaharuan dari kawasaki ZX 6R. Meski sama sama menjadi produk andalan
Kawasaki di level premium , akan tetapi ZX 636 memiliki cc lebih banyak yaitu
636 cc daripada ZX 6R dengan 600 cc nya.
Kawasaki
ZX636 di luncurkan pada tahun sekitar 1997 , dua tahun setelah ZX6R pada tahun
1995 . ZX 636 ini memiliki bobot berat sekitar 190Kg , memiliki 4 silinder dan
6 percepatan pastinya. Banyak sekali perubahan perubahan dari ZX636 dari masa
ke masa , pada tahun pada tahun 1998 , terdapat perubahan terhadap motor ini
yang berbeda pada body fairing . Lalu dengan melihat kompetitor R6 dari yamaha
, GSX R600 dari suzuki semakin maju, maka pada tahun 2002 mengganti tipe
bahanbakar dan meningkatkan perfoma HP atau horse powernya.
Motor ini
sangat cocok jika disandingkan atau dibandingkan dengan R6, yang merupakan
unggulan level premium dari Yamaha. Untuk cc jelas , ZX636 lebih mendapatkan
pesona nya daripada R6 yang berbeda sekitar 40cc. Memang perbedaannya hampir
tidak terasa, tapi perbedaan tetap perbedaan , ZX636 lebih unggul dalam hal
ini. Untuk desain, selera orang memang berbeda-beda. Akan tetapi , secara kasat
mata kedua produk ini hampir sama sama sempurna dan tidak ada cacat desain.
Dari ZX636, memiliki desain depan garang, dengan terdapat space pada tengah
antara lampu depan, yang jelas meniru sang kakak, ZX10R.
Untuk desain
dari R6, juga tak kalah garang. Desain ini bisa dibilang desain paling sempurna
dari produk Yamaha sendiri, dengan desain tajam dan lampu yang tajam , seakan
akan menambah desain garang motor ini. Tak ketinggalan, desain motor R6 ini
didesain sendiri oleh sang maestro MotoGP, Valentino Rossi. Dari position
riding dari kedua motor ini , motor ini sama sama memiliki posisi riding yang
tak friendly jika dipakai harian. Dengan stang yang jauh serta tangki motor
yang supergede, motor ini memiliki posisi riding yang nunduk dan siap balap .
Akan tetapi, ZX636 sedikit unggul dalam hal ini karena motor yang tidak terlalu
panas jika dipakai lama, berbeda dengan R6 yang sangat panas dan pengeluaran
udara hasil pembakaran mesin langsung di paha pengendara tersebut.
Dengan
keunggulan dan kekurangan masing masing motor, secara keseluruhan ZX636 sedikit
diunggulkan. Dengan cc yang lebih gede dan desain yang tak kalah ciamik, serta
lebih friendly daripada kompetitornya R6, memang sangat cocok untuk naik cc
dari 250 ke tingkat 600 cc.
Penulis : Radifan Syauqi MIBM 2A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar