Kamis, 11 Mei 2017

KAWASAKI ZX 636

Jika mendengar kata kata kawasaki , mungkin yang di benak mungkin kawasaki ninja , kawasaki KLX dan lain-lainnya, kali ini kita akan membahas produk kawasaki dengan level premium – high. Kawasaki ZX 636 merupakan pembaharuan dari kawasaki ZX 6R. Meski sama sama menjadi produk andalan Kawasaki di level premium , akan tetapi ZX 636 memiliki cc lebih banyak yaitu 636 cc daripada ZX 6R dengan 600 cc nya.
            Kawasaki ZX636 di luncurkan pada tahun sekitar 1997 , dua tahun setelah ZX6R pada tahun 1995 . ZX 636 ini memiliki bobot berat sekitar 190Kg , memiliki 4 silinder dan 6 percepatan pastinya. Banyak sekali perubahan perubahan dari ZX636 dari masa ke masa , pada tahun pada tahun 1998 , terdapat perubahan terhadap motor ini yang berbeda pada body fairing . Lalu dengan melihat kompetitor R6 dari yamaha , GSX R600 dari suzuki semakin maju, maka pada tahun 2002 mengganti tipe bahanbakar dan meningkatkan perfoma HP atau horse powernya.
            Motor ini sangat cocok jika disandingkan atau dibandingkan dengan R6, yang merupakan unggulan level premium dari Yamaha. Untuk cc jelas , ZX636 lebih mendapatkan pesona nya daripada R6 yang berbeda sekitar 40cc. Memang perbedaannya hampir tidak terasa, tapi perbedaan tetap perbedaan , ZX636 lebih unggul dalam hal ini. Untuk desain, selera orang memang berbeda-beda. Akan tetapi , secara kasat mata kedua produk ini hampir sama sama sempurna dan tidak ada cacat desain. Dari ZX636, memiliki desain depan garang, dengan terdapat space pada tengah antara lampu depan, yang jelas meniru sang kakak, ZX10R.
            Untuk desain dari R6, juga tak kalah garang. Desain ini bisa dibilang desain paling sempurna dari produk Yamaha sendiri, dengan desain tajam dan lampu yang tajam , seakan akan menambah desain garang motor ini. Tak ketinggalan, desain motor R6 ini didesain sendiri oleh sang maestro MotoGP, Valentino Rossi. Dari position riding dari kedua motor ini , motor ini sama sama memiliki posisi riding yang tak friendly jika dipakai harian. Dengan stang yang jauh serta tangki motor yang supergede, motor ini memiliki posisi riding yang nunduk dan siap balap . Akan tetapi, ZX636 sedikit unggul dalam hal ini karena motor yang tidak terlalu panas jika dipakai lama, berbeda dengan R6 yang sangat panas dan pengeluaran udara hasil pembakaran mesin langsung di paha pengendara tersebut.
            Dengan keunggulan dan kekurangan masing masing motor, secara keseluruhan ZX636 sedikit diunggulkan. Dengan cc yang lebih gede dan desain yang tak kalah ciamik, serta lebih friendly daripada kompetitornya R6, memang sangat cocok untuk naik cc dari 250 ke tingkat 600 cc.

Penulis : Radifan Syauqi MIBM 2A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar